Saturday, March 24, 2012

Menjalankan Program DOS ( STRIPE ) di Windows 7

OK, kali ini aku mau berbagi bagaimana caranya menjalankan program  DOS di Windows 7. Kali ini aku pakai aplikasi STRIPE. Gunanya sih buat hitung-hitung AUC dan AIC. Kemarin diajarkan buat anak-anak Farmasi 2009 di praktikum BioFarmasetika. Program STRIPE ini bisa dijalankan di Windows XP dan Windows-windows versi sebelumnya, tapi tidak untuk Windows 7. Jika dijalankan programnya (STRIPE.EXE), akan muncul peringatan-peringatan tidak jelas dan yang pasti bikin jengkel.

Nah, lebih baik kalian urungkan niat buat downgrade OS kalian ke Windows XP. Bukan kenapa-kenapa sih. Tapi masak Cuma buat 1 aplikasi ini kalian susah payah install XP?


Setelah browsing, akhirnya aku ketemu software emulator DOS bernama DOSBox. Nemunya sih di blog orang juga. Dengan DOSBox kita akan menjalankan software STRIPE yang jadulnya minta ampun (gimana ga jadul? Softwarenya aja lebih tua dari aku, programnya direvisi akhir pada tahun 1984, coy….

Dan berhubung banyak yang bertanya dan masih bingung, akan aku jelaskan lebih rinci berikut tambahan gambar yang mungkin bisa membantu...

DOSBox dapat didownload di sini (klik aja).

Download dan install DOSBox.Nanti akan keluar seperti ini :


                                                                 Installer DOSBox

Cara installnya tinggal di next aja terus...

Lalu siapkan juga program STRIPE pada sebuah direktori. Di komputerku, STRIPE saya simpan di D:\STRIPE. Kalau belum punya program STRIPE, silakan download di sini (klik aja).
 
                                                                   aku simpen di D:

 lalu namai dengan STRIPE seperti ini :

                                                          beri nama foldernya STRIPE

 Lalu pstikan ada 4 file ada di dalam folder itu :

                                                                   4 File ini pastikan ada!

setelah itu, jalankan DOSBox. Pertama akan keluar sperti ini :


                                                                      tampilan awal

Lalu, ketik mount g D:\STRIPE\ dan di enter

                                                            ketik : mount g D:\STRIPE

lalu muncul pesan Drive G is mounted as local directory d:\stripe
Artinya, kita me-mount drive g (drive untuk DOSBox) yang berisi (sebetulnya bukan isi, tetapi link dari folder stripe tadi) D:\ STRIPE\.


                                    muncul tulisan "Drive G is mounted as local directory d:\stripe"

selanjutnya, ketik G: dan di enter


Lalu ketik stripe untuk menjalankan STRIPE.EXE.



Dan muncullah seperti ini
 STRIPE dijalankan melalui DOSBox


Sekarang saya bisa mengerjakan tugas saya tanpa repot-repot berurusan dengan Windows XP.

Setiap menjalankan stripe, langkah ini harus diulang, karena DOSBox tidak bisa menyimpan semua settingan kita. Agak sedikit repot sih, tapi repot mana kalo install Windows XP???

Semoga bermanfaat...

Kalo masih belum jelas, bisa tanyakan aku langsung….

2 comments:

  1. Terimakasih infonya mas bro..

    ReplyDelete
  2. maaf mas, boleh minta aplikasi stripenya ga? soalny difolder ku g ada file STRIPE.exe sama graphic.exe

    ReplyDelete